TUGAS KELOMPOK SEMANTIK
Anggota:
Sepriani
Sri Rizki Utami Ningsih
Kelas :
A
Semester :
VI
5 HAL DALAM LATAR BELAKANG
1.
Dasar Pemikiran
a.
Arikuntoro (2003 : 240) dalam pendapatnya
mengenai defenisi analisis menekankan bahwa “ Analisis merupakan suatu tindakan
memecahkan, menguraikan, kemudian mengolah data sedemikian rupa, sehingga
menghasilkan sesuatu yang berbeda sifat dari semula”.
b.
Sihombing (2004:5) mengatakan bahwa
analisis adalah “Suatu proses berpikir yang membuahkan pengetahuan”. Agar
pengetahuan yang dihasilkan dari penalaran itu mempunyai dasar kebenaran maka
proses berpikit itu harus dilakukan melalui suatu cara tertentu.
c.
Menurut Chaer (2002 : 2) “Kata semantik (
dalam bahasa Inggris : semantik, berasal dari bahasa Yunani “Semainan” yang
artinya bermakna. Kata bendanya adalah “Sama” yang artinya tanda atau lambang,
sedangkan kata kerjanya adalah “Semaino” yang artinya menandai atau memaknai.
d.
Menurut KBBI (2005:125) semantik adalah (1) Ilmu tentang makna kata dan kalimat;
pengetahuan mengenai seluk- beluk dan pergeseran arti kata. (2) Bagian struktur bahasa yang berhubungan
dengan makna ungkapan atau struktur makna suatu wicara.
e.
Menurut KBBI (2005:421) yang diterbitkan
Balai Pustaka, disebutkan iklan berasal dari bahasa Arab “I’lan” yang artinya: (1) Berita pesan (mendorong, membujuk) kepada
khalayak ramai tentang benda atau barang dan jasa yang ditawarkan. (2) Pemberitahuan kepada khalayak ramai
mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti surat
kabar dan majalah atau di tempat umum.
2.
Gejala-gejala masalah yang diteliti:
Analisis
merupakan suatu tindakan atau kemampuan penyelidikan yang bertujuan untuk mempertahankan, memecahkan,
menguraikan serta memberi penjelasan akan unsur-unsur yang diselidiki. Bahasa
iklan dalam tabloid terkadang sulit untuk dipahami maknanya, karena bahasanya
tidak tersusun dengan baik dan benar.
Penggunaan bahasa dalam menyusun kalimat-kalimat
iklan berbeda dengan penggunaan
bahasa pada tulisan lainnya. Misalkan pada kutipan bahasa iklan shampo ini,
“Hanya dalam tiga minggu rambut hitam alami”. Hubungan antarkata dalam kalimat tersebut kurang
memperlihatkan kejelasan makna, dengan alasan:
a.
Mungkin
rambut hitam alami hanya dalam tiga minggu saja dan setelah itu rambut kembali
pirang atau putih kembali.
b.
Atau
hanya dalam waktu tiga minggu rambut sudah hitam alami.
3.
Alasan memilih judul
a.
Untuk mengetahui proses bahasa iklan dalam tabloid.
b.
Sebagai salah satu pendokumentasian makna bahasa.
4.
Status penelitian : penelitian lanjutan
Rahmat Kartolo, tahun 2010 FKIP UMN AL WASHLIYAH, dengan judul “ANALISIS
SEMANTIK BAHASA IKLAN DALAM MAJALAH” Pemakaian bahasa berkaitan dengan
pemahaman agar tercipta dan tercapai pengertian yang sama antara penutur dengan
pendengar atau antara penulis dan pembaca. Metode
yang digunakan adalah
metode deskriptif.
5.
Manfaat penelitian
a.
Manfaat praktis adalah menambah pengetahuan dan
wawasan bagi pembaca untuk lebih mengenal dan memahami makna bahasa
yang digunakan dalam tabloit.
b. Manfaat
teoritis adalah dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam pembelajaran
agar memahami makna bahasa yang digunakan.
MASALAH
1.
Bagaimanakah bahasa yang digunakan yang terdapat pada
bahasa iklan?
2.
Bagaimanakah analisis makna bahasa iklan dalam
tabloit?
TUJUAN PENELITIAN
1.
Untuk mengetahui bahasa yang digunakan yang terdapat
pada bahasa iklan
2.
Untuk memahami analisis makna bahasa iklan dalam
tabloit
TEKNIK PENGAMBILAN DATA
Teknik
yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik rekaman dan
teknik catatan:
1.
Observasi
Observasi dilakukan untuk
memperoleh data dan informasi secara langsungn tentang kalimat serta pemakaian
bahasa iklan yang digunakan dalam majalah. Menurut Abdul Halim (2011:132) “Observasi
adalah suatu studi kesengajaan dan dilakukan secara sistematis berencana
melalui proses pengamatan atas gejala-gejala yang terjadi pada saat itu”.
Kegiatan observasi dilakukan pada
tanggal 22 februari 2014 untuk melakukan pengamatan terhadap informan. Hal ini
dilihat dari persyaratan yang telah dilampirkan yaitu Iklan Komersil, iklan corporate, iklan layanan masyarakat
2.
Catatan
Teknik catatan digunakan untuk
mencatat ujaran informan setelah melalui proses pengumpulan data, ini dilakukan
untuk memudahkan penulis mengelompokkan data dapat dikelompokkan sesuai dengan
kriterianya.
TIGA ANALISIS DATA SESUAI MASALAH
1.
Body Shape
“Masih ditutupi
?”, Analisis Iklan: Bila diperhatikan antara bahasa, gambar dan
produk yang diiklankan di sini tidak memiliki hubungan sama sekali. Sebab
produk yang diiklankan adalah produk susu pelangsing tubuh, dan gambar yang
tampak adalah seorang wanita yang sedang berjemur sedangkan bahasa yang
diiklankan menunjukkan kebingungan dengan bentuk pertanyaan. Jadi tidak ada
hubungan sama sekali, namun di sanalah aspek semantik yaitu
bahasa-bahasa yang memerlukan penafsiran-penafsiran yang banyak dari pembaca
dengan dihubungkannya antara gambar dan bahasa iklan tersebut. Sebab itu
mungkin saja yang dimaksud dengan kutipan “Masih ditutupi” dengan
hubungan gambar dan produk di sana adalah:
a. Apakah
produk ini adalah produk pelangsing lemak yang terdapat di telinga, perut,
tangan, mata dengan ditunjukkannya bagian-bagian tubuhnya yang ditutupi?
b. Atau
apakah produk ini adalah produk yang berasal dari matahari yang apabila senja
tiba maka bagian tubuh yang ditutupi yang merupakan bagian dari lemak tersebut
dapat berkurang dengan menghasilkan energi?
c. Atau
maksud dari produk ini adalah dengan ditutupinya bagian tubuh seperti mata,
telinga, tangan, perut, dada maka akan mampu untuk mengurangi lemak.
d. Atau
juga produk ini adalah produk pemutih badan yang sekaligus produk obat mata dan
produk pendengaran dengan ditutupinya kulitnya perut dan tangannya dengan
balon, mata dengan kaca mata, atau telinga dengan alat pendengar, sehingga
setelah badan putih, mata semakin sehat, telinga tidak tuli lagi maka lemak
yang terdapat di tubuh akan berkurang.
2.
Entresol
“Hula Hoop
Langsung Langsing!”, Analisis Iklan:
a.
Makna
yang terkandung dalam kalimat iklan ini berlebihan. Sebab tidaklah mungkin
misalnya hanya dengan satu menit saja orang yang memiliki berat badan 200 kg
sekalipun akan langsung berkurang dan menjadi langsing dengan memakai Hula Hoop
(alat olah raga yang sering dipakai oleh pemain sirkus).
b.
Bahasa
iklan ini juga tidak memberikan penjelasan tentang jenis produk apa yang
diiklankannya sebab yang dianjurkan hanyalah pemakaian hula hoop dan pola makan
yang teratur.
c.
Dan
dapat juga ditafsirkan bahwa untuk apa lagi memakai produk entrasol kalau tubuh
bisa langsing dengan hanya bermain hula hoop saja.
3.
Marina
Sweet
“Dengan Marina
Sweet, gak perlu lagi takut sama matahari”, Analisis iklan:
a.
Secara
harfiah kata-kata yang terurai dalam iklan tersebut adalah suatu bentuk
kumpulan kata bukannya kalimat. Sementara dalam bab sebelumnya telah dijelaskan
bahwa bahasa iklan adalah kalimat-kalimat pemberitahuan yang mampu untuk
menarik minat para pembaca iklan tersebut untuk memiliki dan mendapatkan produk
yang dilihat tersebut. Artinya di sini yang dituntut adalah kalimat bukanlah
kumpulan kata. dan kata “Sama” di sana harusnya diganti dengan penghubung
“Pada” bukan “Sama” seperti yang tampak, sebab apabila masih “Sama” tersebut
masih diletakkan dalam kalimat tersebut maka makna yang menimbulkan kerancuan
sebab kata “Sama” memiliki arti sesuatu yang tidak berdeda, artinya Marina
Sweet ini tidak beda dengan matahari yaitu merusak kulit badan, jadi
apa gunanya memakai produk ini?
b.
Dapat
ditafsirkan bahwa marina sweet adalah sebuah produk yang memiliki kekuatan yang
lebih dari matahari dengan kalimat “Ngak perlu takut lagi sama matahari” yang
bisa juga dimaknai bahwa sebelumnya produk ini adalah produk yang penakut yang
takut akan matahari.
c.
Semantik
pragmatik di sini dapat dilihat dari gambar yang ditampakkan pada iklan
hubungannya dengan bahasa iklannya. Apabila diperhatikan secara baik-baik
sebenarnya tidak ada hubungan antara bahasa iklan dengan gambar yang tertera
dalam iklan tersebut, sebab yang dimaksud dengan bahasa iklan tersebut adalah
agar para pembaca memakai produknya namun apabila dilihat gambar maka untuk apa
memakai Marina Sweet apabila bisa menggunakan pelindung lain seperti buku atau
majalah yang dipakai model dalam iklan tersebut. Namun yang dimaksud pembuat
iklan di sini ialah agar para pembaca iklan mampu untuk bernalar dengan
menghubungkan gambar dan kalimat yang ada tersebut.
KESIMPULAN
Bahasa iklan yang disertai gambar dapat menarik simpati
para pembaca dengan menginterpestasikan bahasa iklan tersebut yang disesuaikan
dengan jenis-jenis iklan yang akan dipublikasikan
kepada khalayak umum.
Rujukan
Arikuntoro,
Surahimi.1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul.
2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdikbud.
2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sihombing, P. 2003. Penelitian Pendidikan. Unimed